0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Menpora Minta NPC Waspadai Faktor Non Teknis

Menpora Imam Nahrawi menyalami atlet NPC Indonesia sebelum bertolak ke APG Malaysia (timlo.net/aryo yusri atmaja)

Solo — Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia akan bertolak ke Malaysia guna bersilang di ajang ASEAN Para Games (APG), 17-23 September mendatang. Untuk memaksimalkan seluruh potensi atletnya, NPC wajib memperhatikan hal-hal non teknis.

“Untuk dopping, saya minta untuk lebih jeli lagi jangan sampai atlet mengkonsumsi obat yang terindikasi dopping. Karena setiap cabang olahraga punya kriteria tersendiri untuk dopping,” kata Menpora Imam Nahrawi, Selasa (12/9) sore.

Selama di Malaysia, lanjut Menpora, obat-obatan yang dikonsumsi atlet perlu dijaga ketat untuk menghindari tudingan negatif dari banyak pihak, terutama sang tuan rumah Malaysia.

Tidak hanya masalah dopping saja yang perlu diperhatikan oleh atlet NPC. Faktor nonteknis lainnya adalah pada kecurangan yang dilakukan tuan rumah. Seperti halnya pada gelaran SEA Games bulan lalu. Kontingen Indonesia dicurangi oleh wasit, hingga membuat tim sepak takraw Indonesia memilih Walk Out.

“Saya sudah perintahkan ke NPC mencatat, memproses, dan memprotes apa yang terjadi jika memang wasit melakukan kecurangan. Tidak jauh berbeda saat saya hadir di SEA games kemarin. Jelas konsekuensinya wasit tidak perlu diundang lagi ke even selanjutnya. Kami sudah berkoordinasi dengan OCA maupun INASOC,” imbuh Imam Nahrawi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge