0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinas Kesehatan Panggil Rumah Sakit, Klarifikasi Soal Bayi Deborah

Tiara Deborah Simanjorang (merdeka.com)

Timlo.net – Kasus kematian bayi Tiara Deborah Simanjorang menjadi sorotan publik. Dinas Kesehatan DKI Jakarta memanggil RS Mitra Keluarga Kalideres untuk mengklarifikasi kasus itu.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Koesmedi Priharto mengatakan, dari sisi medis, RS Mitra Keluarga dinyatakan tidak ada kesalahan atau penundaan tindakan akibat biaya seperti yang diberitakan.

“Jadi tindakan tetap dijalankan untuk selamatkan nyawa Deborah walaupun ada perkataan untuk masuk picu perlu biaya tapi tindakan semua tetap dilakukan,” kata Koesmedi Priharto, Senin (11/9).

Namun, dia mengungkapkan, terdapat kelalaian dari rumah sakit. Di mana pihak rumah sakit tidak mengetahui korban sebagai anggota BPJS.

“Ada komunikasi yang kurang bagus baik dari manajemen kepada informasi dan dari petugas informasi kepada keluarga pasien sehingga menimbulkan salah persepsi dalam mengartikan kata-kata yang disampaikan bagian informasi,” jelasnya.

Selain itu, Koesmedi menjelaskan, RS Mitra Keluarga lalai saat memutuskan Deborah harus dirujuk ke rumah sakit lain. Karena mereka tidak mencarikan rumah sakit rujukan.

“Ada kelalaian dari RS walau dia juga mencari tempat rujukan ke RS lain lewat telpon, tapi dia juga menyuruh keluarga korban untuk cari rujukan. Yang harusnya itu dilakukan pihak rumah sakit,” ungkapnya.

Dia mengatakan, akan membentuk tim khusus untuk mengusut kasus kematian Deborah. Di manan nantinya akan ada beberapa unsur dan pihak terkait.

“Nanti kita akan datangi rumah keluarga pasien untuk cari data dan data tersebut nanti akan ada data audit medis baru disimpulkan semua,” jelas Koesmedi.

[fik]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge