0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seperti Ini Wujud Kepedulian Wong Solo Terkait Tragedi Rohingya

Aksi penggalangan dana dari Mahasiswa Fakultas Ilmu Agama UMS Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Aksi solidaritas keprihatinan tragedi etnis Rohingya, mengalir di car free day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (10/9) pagi. Sejumlah komunitas, pelajar hingga mahasiswa menggalang aksi donasi yang rencananya akan disalurkan kepada warga etnis Rohingya yang saat ini mengungsi di sejumlah negara perbatasan.

“Kami prihatin dengan kondisi saudara sesama muslim yang ada disana. Diharapkan, bantuan yang kami kumpulkan ini bermanfaat bagi mereka,” terang Sinsia Putri Eldita (19), mahasiswi asal Fakultas Agama Islam UMS Solo kepada Timlo.net.

Aksi penggalangan dana yang dilakukan bersama puluhan rekannya tersebut, dimulai dari pertigaan Purwosari hingga Kawasan Gladag. Dana yang terkumpul, nantinya akan diserahkan ke lembaga zakat hingga disalurkan pada warga etnis Rohingya.

Aksi penggalangan dana dari Mahasiswa Fakultas Ilmu Agama UMS Solo (timlo.net/achmad khalik)

Tak hanya itu, aksi serupa juga dilakukan oleh pelajar asal SMA Al Abidin Solo. Mereka juga menggalang dana keprihatinan terkait peristiwa di negara bagian Rakhine, Myanmar tersebut. Selain itu juga aksi teatrikal terkait tragedi Rohingya juga turut ditampilkan dalam CFD Minggu pagi ini.

“Bantuan ini mungkin tak seberapa. Ini kami lakukan sebagai bentuk keprihatinan kami kepada tragedi yang menimpa etnis Rohingya,” ungkap Ilyas (19).

Tragedi di negara bagian Rakhine, Myanmar menyebabkan puluhan ribu muslim etnis Rohingya mengungsi ke perbatasan. Akibat peristiwa tersebut, sejumlah negara mengecam pemerintahan yang saat ini dipimpin oleh Aung San Suu Kyi tersebut. Mereka mendesak agar pemerintah segera menyelesaikan kasus yang telah merenggut ratusan hingga ribuan umat muslim tersebut.

Sikap negara Indonesia dalam menyikapi masalah itu juga telah ditunjukkan dengan mengirim Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi beberapa waktu lalu.

Aksi penggalangan dana dari Mahasiswa Fakultas Ilmu Agama UMS Solo (timlo.net/achmad khalik)

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge