0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

FT UNS Gelar General Lecture 2017

(foto: Tyo Eka)

Solo – Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali menggelar General Lecture 2017 menghadirkan dua pembicara, yakni Director of The Center for Advanced Wireless Technologies Telkom University, Assct. Prof. Dr. Eng. Khoirul Anwar M.Eng dan Prof Josaphat Tetuko Sri Sumantyo. Kali ini bertema Kemandirian Teknologi Komunikasi dan Pertahanan di Indonesia di Gedung III FT UNS, Sabtu (9/9).

“Bone of contection 2043 serbuan terhadap negara-negara ekuator, trend teknologi yang tidak dapat dihentikan,” ungkap Khoirul Anwar yang juga Penemu dari teknologi ITU (International Telecomunications Union) perumus dasar dari jaringan 4G LTE.

Ia juga memaparkan mengenai konsep sinyal 5G di masa depan yang dicanangkan pada 2020. Standar dasar untuk 5G sudah lengkap dirilis, potensi dari sinyal 5G, dan manfaat yang didapatkan.

Sementara Prof Josaphat Tetuko yang dikenal sebagai Pengembang teknologi synthetic aperture radar untuk pertahanan di Indonesia mengemukakan SAR (Synthetic Aperture Radar) menembakkan radar ke samping dan menggunakan gelombang makro.

Kelebihan SAR, kata Tetuko, seperti citra mampu ditangkap karena sumber cahaya didapatkan dari radar itu sendiri, dapat digunakan di malam hari karena memiliki transmitter.

“Dan bisa menembus premukaan tanah sehingga bisa digunakan untuk memprediksi gempa,” jelasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge