0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gagal ke Magelang, Massa Gelar Aksi di Patung Soekarno

Doa bersama umat muslim Boyolali untuk muslim Rohingnya di Patung Soekarno,Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Ratusan massa umat Islam Boyolali mengelar aksi solidaritas untuk Rohingya di Patung Soekarno, Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Boyolali, Jumat (8/9). Aksi digelar dengan pengawalan ketat aparat Polres dan Kodim setempat.

Dalam aksi tersebut, massa mengecam kekerasan terhadap muslim Rohingya. Mereka juga menyatakan sikap atas krisis di Myanmar, yaitu mengecam kekerasan terhadap muslim di Rohingya dan meminta pemerintah Indonesia memutus hubungan diplomatik dengan Myanmar karena kekejaman yang terjadi sudah di luar batas kemanusiaan.

“Ini bentuk solidaritas kita terhadap muslim Rohingya, kita juga lakukan penggalangan dana yang nanti kita salurkan ke Rohingya,” kata Korlap aksi, Nashruddin yang juga Pembina Forum Umat Islam Boyolali, Jumat (8/9).

Sementara itu, Wakil Bupati Boyolali Said Hidayat yang menyempatkan diri mendatangi aksi massa, berpesan agar muslim melakukan aksi dengan doa.

“Doa yang paling penting untuk muslim di Rohingya,” ujarnya.

Usai melakukan aksi dengan orasi, massa kemudian membubarkan diri. Mereka mendapat pengawalan ketat dari jajaran Polres Boyolali.

Di lokasi terpisah, Polres Boyolali melakukan pemeriksaan terhadap massa yang hendak ke Magelang. Pemeriksaan dilakukan di wilayah Banyudono, Boyolali Kota dan Selo. Usai pemeriksaan, massa kemudian diminta kembali ke daerah asal masing-masing.

“Kita minta untuk kembali, karena di Magelang sudah penuh dan demi keamanan mereka,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge