0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Paving Pelataran Benteng Vastenburg akan Diperluas

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo meninjau kondisi parit keliling Benteng Vastenburg (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Setelah pelataran Barat Benteng Vastenburg rampung dipaving dua bulan lalu, Pemerinta Kota Solo berencana memasang paving di pelataran Selatan dan Utara benteng. Lahan di dua sisi benteng itu akan difungsikan untuk parkir dan kios pedagang kaki lima (PKL).

“Kita akan paving di Selatan Bank Danamon (Selatan) dan depan kantor Telkom (Utara),” kata Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Solo, Yosca Herman Sudrajad, Kamis (7/9).

Lahan di Selatan gedung Bank Danamon selama ini difungsikan untuk parkir wisatawan yang hendak berkunjung ke Keraton. Lahan tersebut juga sering digunakan untuk parkir pengunjug wisata kuliner Gladag Langen Bogan (Galabo). Pemkot berencana mengalihkan PKL Galabo siang ke lahan di Selatan Bank Danamon itu.

“Yang di depan Telkom nanti untuk parkir,” kata dia.

Karena akan difungsikan untuk area PKL, Pemkot akan melengkapi lahan tersebut dengan shelter. Biaya pemasangan paving dan pembangunan shelter akan digalang dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebagaimana dilakukan saat Pemkot memasang paving di pelataran Barat Benteng.

Untuk diketahui, sebagian besar lahan Benteng Vastenburg sampai saat ini masih dimiliki perorangan. Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo berupaya agar aset di jantung Kota Solo itu bisa kembali ke tangan Pemerintah. Ia mengaku telah mengajukan surat permintaan ambil alih lahan parkir samping Bank Danamon ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Kekayaan Negara.

“Sekarang tinggal menunggu tanda tangan Presiden saja,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge