0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Modus Pelaku Tipu-Tipu Jual Beli Sapi Kurban

Pelaku penipuan jual belu sapi kurbam Wahyu, saat diamankan di Mapolresta Solo (dok..timlo.net/achmad khalik)

Solo — Satreskrim Polresta Solo berhasil membekuk pelaku aksi penipuan jual beli sapi kurban bernama Wahyu Dwi Saputro (25) warga Kampung Turi, Kelurahan Cemani, Grogol, Sukoharjo, Minggu (3/9) kemarin. Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan uang ratusan juta yang diduga hasil kejahatan pelaku.

“Korban melapor pada Sabtu (2/9) kemarin, dan pada Minggu (3/9) langsung kita tangkap di Boyolali,” terang Kapolresta Solo AKBP Ribut Hari Wibowo, Senin (4/9) siang.

Diri hasil pemeriksaan yang dilakukan, dalam melancarkan aksinya pelaku tergolong sangat lihai. Pelaku mencatut sebuah nama yayasan terkemuka di Kota Solo untuk meyakinkan para korbannya. Padahal pelaku sudah dipecat dari yayasan tersebut sejak 2014 silam.

Dengan menggunakan strategi itu, pelaku berhasil memperdaya para korban sehingga mereka menyerahkan uang tunai hingga miliaran rupiah kepada pelaku untuk dibelikan sapi kepada petani.

Kasatreskrim Polresta Solo Kompol Agus Puryadi mengatakan, pelaku juga memakai seragam dari kantor yayasan yang dicatut namanya untuk melancarkan aksi kejahatannya. Saat diklarifikasi, ternyata pelaku memang pernah bekerja dan diberhentikan secara tidak hormat lantaran tak menyetorkan uang yang diperolehnya.

“Memang benar, dia pernah bekerja di salah satu yayasan kemanusiaan di Kota Solo. Tapi, sudah dipecat secara tidak hormat lantaran masalah keuangan,” jelas Kasat.

Seperti diketahui, Wahyu Dwi Saputro memanfaatkan momentum Hari Raya Idul Adha untuk melakukan aksi tipu-tipu. Dari hasil penipuan yang dilakukan, pelaku mendapatkan keuntungan hingga ratusan juta. Bahkan polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya uang tunai senilai Rp 140 juta.

“Saat ini masih kami kembangkan, tidak menutup kemungkinan masih ada korban yang lain,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge