0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dua Polisi Bersepeda di Kanada Tangkap Buronan Paling Dicari Amerika

Polisi bersepeda di Kanada. (dok: timlo.net/ nextshark.)

Timlo.net—Sepasang polisi bersepeda di Kanda berhasil menangkap seorang pria asal Laos yang berbahaya dan bersenjata pada 23 Agustus 2017. Pria itu rupanya masuk ke dalam 10 buronan paling dicari oleh pihak imigrasi Amerika Serikat (AS). Menurut pihak berwajib, pria berusia 35 tahun bernama Katay-Khaophone Sychantha itu adalah seorang raja narkoba. Dia lari dari kejaran polisi sejak 2005. Saat itu terjadi penggerebekan di Distrik Timur Michigan, AS.

Tersangka pimpinan komplotan penyelundup obat terlarang itu tertangkap oleh polisi Montreal, Kanada setelah terlihat oleh polisi bersepeda yang berpatroli di wilayah Saint-Laurent. Para petugas menangkapnya dan seorang pria lain setelah melakukan pengejaran singkat. Rupanya Katay-Khaophone mencoba melarikan diri lagi saat hendak ditangkap.

Saat ditahan, Katay berusaha memberikan paspor palsu. Tapi saat diperiksa sidik jarinya, polisi segera tahu dia memalsukan identitasnya. Poster buronan yang ada sekarang sudah diperbarui dengan keterangan jika dia sudah tertangkap. Dalam poster sebelumnya, dikatakan lokasi keberadaannya yang terakhir adalah di Lakeshore, Kanada.

Kelompok pengedar narkoba yang dipimpin Katay dikatakan mengedarkan jutaan pil ekstasi dan ratusan kilogram ganja di berbagai negara bagian di AS termasuk New York, Michigan, Ohio, Illinois, Massachusetts, dan Georgia.

Dia dikenai tuduhan kepemilikan obat terlarang, menghalangi tugas polisi dan menggunakan dokumen palsu saat disidang di sebuah pengadilan di Montreal, Kamis minggu lalu. Katay sekarang ditahan di Ontario Provincial Police, dengan kemungkinan diekstradisi ke AS.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge