0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wisata Kampung Kota, Berharap Solo Makin Mendunia

Penjelasan seputar Wisata Kampung Kota (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dinas Pariwisata Kota Solo menggelar sebuah agenda baru bertajuk Wisata Kampung Kota. Wisata kampung ini berdasar pada sejarah sebuah kampung, yang dikemas dalam bentuk pertunjukan.

“Semuanya berdasarkan sejarah kampung. Diharapkan dapat mengibarkan pariwisata di Solo, dan bisa membuat kampung-kampung di Solo dapat mendunia,” kata Kepala Dinas Pariwisata Solo Basuki Anggoro Hexa, Kamis (31/8).

Rencananya gelaran Festival Kampung Kota akan dilaksanakan pada Sabtu (2/9) hingga Minggu (3/9). Dua kampung dipilih untuk penyelenggaraan festival adalah Kampung Kepatihan dan Kampung Kemlayan.

Kampung Kemlayan kental dengan sejarah musik tradisi yakni gamelan, serta tari dan batik. Sedangkan Kampung Kepatihan adalah kediaman pepatih dalem Keraron Kasunanan Surakarta.

Salah satu pemrakarsa Wisata Kampung Kota, Paulus Mintorogo mengatakan bahwa aneka pertunjukan seperti tari dan teater akan digelar dikedua kampung tersebut pada hari Sabtu. Sedangkan pada puncak acara akan digelar di pelataran Benteng Vastenburg pada hari Minggu.

“Targetnya adalah menjaring wisatawan sebanyak-banyaknya. Selain itu dengan diadakannya acara ini diharapkan Solo bisa sejajar dengan jejaring kota kreatif dunia,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge