0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Koleksi Museum Radya Pustaka bakal Dipamerkan di UNS

Koleksi Museum Radya Pustaka (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Solo, melakukan konservasi sejumlah koleksi milik museum Radya Pustaka. Perawatan benda berbahan dasar kayu tersebut dilakukan di halaman belakang museum, Kamis (31/8).

“Konservasi ini dilakukan selain untuk menghindarkan koleksi dari kutu dan ngengat juga untuk memunculkan warna asli dari koleksi tersebut.” kata Staf Teknis Museum Radya Pustaka, Bangkit Supriyadi.

Dikatakan, perawatan dua miniatur rumah tradisional Pendapa Joglo Jawa, dilakukan dengan mengoleskan cairan tembakau dan pelepah pisang. Cairan ini terbukti ampuh untuk mengawetkan kayu.

“Koleksi yang kita konservasi ada dua, yakni Pendapa Joglo biasa dan Pendapa Joglo Tumpangsari. Selain untuk perawatan, koleksi ini juga akan dipamerkan di acara Museum Goes To Campus pada 4-7 September di UNS,” lanjut dia.

Kepala UPT Museum, Bambang M Budi Santoso mengatakan dua koleksi dengan tahun pembuatan 1920 itu akan dipamerkan berdampingan naskah pendukung yakni naskah Kawruh Kambeng bertahun 1800. Naskah ini bertuliskan aksara Jawa, dengan cerita tentang sejarah rumah Jawa.

“Selain empat koleksi dari Museum Radya Puataka, juga ada delapan koleksi Museum Keris yang akan turut kita pamerkan.” kata Bambang.

Pameran ini diharapkan bisa disaksikan oleh mahasiswa arsitektur, sehingga bisa menambah khasanah pengetahuan mahasiswa. Rencananya Pameran Museum Goes To Campus diikuti oleh 25 museum dari seluruh Indonesia. Pameran dilaksanakan di Perpustakaan UNS.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge