0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PLN Siapkan Ratusan SPLU di Sejumlah Kota

Petugas PLN saat melakukan penyambungan instalasi listrik (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) siapkan ratusan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di sejumlah kota di Indonesia. SPLU tersebut sengaja dibangun untuk mengakomodasi tingginya kebutuhan kendaraan listrik yang mulai berkembang ditengah masyarakat.

“Total SPLU yang kita siapkan sekarang ini ada sekitar 875. Dan sekarang sudah tersebar keberbagai kota,” ujar Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, I Made Suprateka dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Kamis (31/8).

SPLU yang dikembangkan PLN sejak 2015 ini, antara lain dapat dijumpai di Jakarta, Bandung, Bangka Belitung, Riau dan Kepulauan Riau, Muara Bungo, Bengkulu, Lampung, Manado, Gorontalo, Palu, Kotamobagu, Yogyakarta, Bali, Makassar, dan masih banyak lagi.

Sedangkan di Jakarta sendiri, sejak diluncurkan pada 4 Agustus 2016 sampai dengan akhir Juli 2017 telah terpasang di 542 titik. Keberadaan SPLU akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan konsumen, termasuk kebutuhan pengisian energi kendaraan listrik di tempat umum.

“Tahun ini ditargetkan sudah ada 1.000 unit SPLU khusus di Jakarta. Lokasi SPLU-SPLU ini dapat ditemukan melalui aplikasi Google Maps dengan kata kunci SPLU PLN,” jelasnya.

SPLU yang dikembangkan PLN mengadopsi sistem prabayar. Untuk menggunakannya, masyarakat perlu mengisi pulsa (stroom) kWh meter dengan membeli token listrik melalui Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, minimarket, dan lain-lain dengan menyebutkan ID Pelanggan atau nomor kWh Meter yang tercantum di SPLU yang akan digunakan.

SPLU sendiri terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe hook yang dapat ditemui di tiang-tiang milik PLN, dan tipe standing yang menjadi suatu bangunan tersendiri. SPLU tipe hook terdiri dari 2 kWh Meter dan setiap meter memiliki daya 5.500 VA sedangkan SPLU tipe standing terdiri dari 4 kWh Meter. Daya dari masing-masing kWh Meter tersebut juga bisa ditingkatkan menjadi 11.000 VA.

“Dengan kapasitas daya tersebut, SPLU mampu menyuplai listrik untuk charging kendaraan listrik yang memiliki daya bervariasi antara kisaran 500 –2.500 Watt,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge