0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Permintaan Meningkat, Harga Kambing Kurban Naik

Pasaran Pahing terakhir di Pasar Hewan Sunggingan sebelum Idhul Adha,pedagang kambing membludak (timlo.net/nanin)

Solo — Menjelang Hari Raya Idul Adha, permintaan kambing sebagai hewan kurban di kawasan Pasar Semanggi terus meningkat. Akibat tingginya permintaan itu, harga kambing ikut terkerek naik.

“Harga kambing jawa sekarang ini diangka Rp 1,4 juta hingga Rp 7 juta per ekor. Atau lebih mahal jika dibanding kondisi normal, dimana sebelumnya yang paling murah hanya di kisaran Rp 1 juta per ekor,” ujar salah seorang pedagang, Irvan Mahfud kepada wartawan, Kamis (31/8).

Selama periode jelang Idul Adha  kali ini ia mengaku berhasil menjual ratusan ekor kambing kepada sejumlah pelanggan. Tidak hanya dari Soloraya, tapi banyak pesanan yang masuk juga berasal dari luar kota seperti Jabodetabek.

“Kalau untuk luar kota pengirimannya sudah kita selesaikan sejak Senin (28/8) kemarin. Totalnya ada sekitar 500 an ekor,” jelasnya.

Senada juga disampaikan pedagang lainnya. Muhalim mengaku permintaan hewan kurban pada periode tahun ini dirasa cukup tinggi daripada tahun lalu. Harga yang paling banyak diburu konsumen dikisaran  Rp 2,5 juta – Rp 3 juta atau dengan berat 25-30 kilogram.

“Akibat tingginya permintaan ini harga juga lebih mahal dari tahun lalu. Selisihnya hampir Rp 200 ribu per ekor,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge