0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Amankan Idul Adha, Ribuan Personel Gabungan Siaga

Apel Operasi Ramadaniya di Mapolres Jakarta Selatan (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Sebanyak 1.358 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah di Kota Bandung. Jumlah tersebut dikerahkan untuk menjaga kondusifitas Kota Bandung selama Idul Adha yang juga berbarengan dengan libur panjang akhir pekan.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan, jumlah tersebut berasal 1.058 personel Polri dari Polrestabes Bandung, 130 dari Polda Jabar, 100 personel TNI dari Kodim 0618 BS Kota Bandung, dan 75 dari Satpol PP, Dishub, dan Dinas Pencegahan dan Pemadam Kebakaran (DPPK) Kota Bandung.

“Kami libatkan semua dari kesatuan masing-masing untuk turut mengamankan Idul Adha di Kota Bandung,” kata Hendro di Mapolrestabes Bandung, Kamis (31/8).

Untuk penyebarannya, kata dia, ada 16 masjid yang kerap menyedot banyak masyarakat saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Di titik inilah kepolisian akan mengawal ketat. Masjid tersebut yakni, Masjid Raya Bandung, Masjid Cipaganti, Masjid Agung Buahbatu, Masjid Salman ITB, Masjid Pusdai, Masjid UIN, Masjid Al Munawaroh Gedebage, Masjid Ujungberung, Masjid Gedebage, Masjid Al Ukhuwah Wastukancana, Masjid Mujahidin Sancang, Masjid Istiqomah Citarum, Masjid Assalam Sasak Gantung, Masjid Al Fajar Cijagra, Masjid Nurul Jamil Dago, dan Masjid PWNU di Jalan Terusan Galunggung.

Sedangkan pelaksanaan salat Idul Adha di lapangan akan berlangsung di 10 lokasi, yakni, Lapangan Lodaya, Jalan Lodaya; Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro; Lapangan Parkir Indo Grosir, Jalan A Yani; Lapangan PT Pindad, Jalan Sekejati; Lapangan Tegallega, Jalan Peta; Halaman Kantor PLN Jabar, Jalan Ciseureuh; Lapangan Stadion Persib, Jalan A Yani; Lapangan Kembar; Lapangan Stasiun Kiaracondong; dan Halaman Stadion GBLA.

“Untuk mengamankan pelaksanaan salat Ied di masjid dan lapangan besar yang dilanjutkan dengan penyembelihan hewan serta pembagian daging kurban, minimal melibatkan 10 personel polisi,” jelasnya.

Kejadian antrean pembagian hewan kurban yang kerap juga berujung bentrok menurutnya sudah dilakukan antisipasi. Pihaknya sudah mengambil cara bertindak jika antarwarga menjadi desak-desakan saat pembagian daging kurban.

“Ini sudah ada tindakan yang diambil jika ada desak-desakan,” imbuhnya.

Idul Adha yang bertepatan dengan libur panjang Kepolisian juga melakukan pengaturan arus lalu lintas di sejumlah titik rawan kemacetan. Seperti, Jalan Sukajadi, Simpang Dago, Cihampelas, Bundaran Cibiru, Otto Iskandardinata (depan Pasar Baru); Pasar Andir, Jalan Dewi Sartika, Jalan A Yani (Pasar Kosambi), dan Pasar Kiaracondong (Jalan Ibrahim Adjie).

“Kami juga mengamankan obyek-obyek wisata dan tempat-tempat keramaian di Kota Bandung. Sebab, selama libur panjang nanti Kota Bandung bakal diserbu ribuan wisatawan dari luar kota,” tandasnya. [dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge