0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Kembali Gelar Museum Goes to Campus

Penjelasan seputar Museum Goes to Campus ke-2 (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Program Studi (Prodi) Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret (UNS) akan menggelar Museum Goes to Campus (MGtC) ke 2,  tanggal 4 – 7 September 2017.  MGtC 2 Diikuti sebanyak 25 museum dari berbagai kota, seperti Surakarta, Yogyakarta, Semarang, Jakarta, Blitar dan sebagainya.

“MGtC merupakan agenda tahunan UNS dan wujud komitmen UNS sebagai kampus yang menjunjung nilai-nilai luhur budaya bangsa,” jelas Koordinator Pameran, Agus HK Soetomo kepada wartawan, di Gedung Perpustakaan UNS, Rabu (30/8).

Dijelaskan, tujuan kegiatan ini untuk mendekatkan nilai-nilai sejarah ke tengah publik. Melalui MGtC, masyarakat lebih mudah mendapatkan akses informasi dan pengetahuan mengenai banyak hal mengenai museum, warisan sejarah dan nilai-nilai kebangsaan. Disamping juga, melalui MGtC terjalin kerjasama berbagai institusi yang merupakan upaya konkret mendukung program pemerintah di bidang penguatan mental dan karakter kebangsaan, inovasi di bidang pendidikan, kebudayaan dan pariwisata.

“Tema yang diketengahkan kali ini adalah Keanekaragaman yang Menyatukan,” jelas Agus.

Hal itu dilatarbelakangi niat untuk menunjukkan bahwa kemajemukan yang terdapat pada bangsa kita sesungguhnya menunjukkan kekayaan dan elemen-elemen yang menguatkan kehidupan sebagai bangsa. Melalui pameran museum, keanekaragaman sejarah dan budaya bangsa akan diperlihatkan, namun pada saat yang sama akan tampak pula kesamaan-seksamaan yang menyebabkan kita merasa satu sebagai bangsa.

“Penyajian pameran akan dilakukan dengan cara inovatif dan interaktif, sehingga pengunjung bisa mendapatkan suasana having fun sambil mempelajari jejak-jejak dan peninggalan sejarah bangsa,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge