0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Fatkhul Muin Raih Doktor UMS dengan Sangat Memuaskan

Fatkhul Muin Menerima Tanda Lulus Doktor dari Rektor UMS (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Fatkhul Muin meraih gelar doctor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan predikat Sangat Memuaskan, setelah berhasil mempertahankan disertasi berjudul Pengaruh Konfigurasi Sosial-Ekonomi Umat Islam Terhadap Pembangunan Hukum Islam di Indonesia, di Sekolah Pascasarjana UMS, Pabelan-Kartasura, Sukoharjo, Rabu (30/8).

“Pembangunan hukum Islam di Indonesia harus dapat memberikan manfaat terhadap umat Islam di Indonesia,” tandas Fatkhul saat mengemukakan disertasinya di depan Dewan Penguji yang dipimpin Rektor UMS, Sofyan Anief.

Oleh karena itu, kata Fatkhul, kajian terhadap kebutuhan umat Islam di Indonesia terhadap hukum Islam di Indonesia harus didorong melalui kajian-kajian dengan berbagai pendekatan yang dapat memberikan manfaat bagi umat Islam, dan hal ini pun menjadi amanat UU No. 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, dengan mewajibkan setiap produk undang-undang memiliki naskah kajian.

Menurut Fatkhul, perkembangan hukum Islam di Indonesia mengalami perkembangan pada periode informasi/jasa dengan tahap kesadaran masyarakatnya pada ilmu, dengan karakteristik produk hukum lebih bersifat teknis, sehingga hal tersebut menunjukkan arah pembangunan hukum Islam di Indonesia.

Oleh karena itu, kata Fatkhul yang juga dosen Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, peran lembaga-lembaga agama terutama Majelis Ulama Indonesia harus bersinergi dengan pemerintah dalam merumuskan hukum Islam di Indonesia dalam rangka kepentingan pembangunan hukum Islam bagi umat Islam di Indonesia untuk mencapai kemaslahatan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge