0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini yang Dilakukan PT Telkom Selama Satelit Telkom 1 Rusak

Telkom update soal satelit Telkom 1 (merdeka.com)

Timlo.net – PT Telkom Indonesia Tbk  akan meluncurkan satelit baru yang diberi nama Telkom 4 pada Agustus 2018 mendatang. Rencananya, satelit tersebut untuk menggantikan satelit Telkom 1 di slot orbit 108 BT dengan jumlah kapasitas Telkom 4 lebih besar dari kapasitas satelit Telkom 1 sebagai upaya memenuhi kebutuhan transponder yang kian meningkat.

“Satelit Telkom 4 memiliki kapasitas yang sangat besar, sampai 60 transponder. Sementara satelit Telkom 1 hanya 36 transponder. Selain itu, jangkauannya juga sangat luas sampai ke India,” ujar Direktur Utama PT Telkom Indonesia Tbk, Alex Sinaga, di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, di Jakarta, Rabu (30/8).

Namun, tanpa diduga, telkom 1 telah lebih dahulu mengalami kerusakan sebelum penggantinya diluncurkan. Artinya, ada kekosongan slot di orbit 108 BT selama satu tahun sampai Satelit Telkom 4 diluncurkan.

“Kira-kira setahun slot itu akan kosong maka ada terminologinya di industri per satelit sesuai rekomendasi itu yang disebut itu disuspend. kita harus mengirim surat nanti saya akan kirim surat ke Kominfo, nanti Kominfo atas nama negara Republik Indonesia sebagai anggota PBB kirim surat ke International Telecommunication Union (ITU),” jelas Alex.

Dalam kesempatan yang sama, Menkominfo Rudiantara mengatakan Kemenkominfo akan membantu administrasi ke ITU agar slotnya tetap bisa digunakan oleh Indonesia karena itu adalah aset nasional.

“Memang jadwal semula satelit Telkom itu meluncurnya tahun depan hanya terhadap kejadian ini Jadi satelitnya belum Jadi yang slot yang sekarang satelit yang dibuka sekarang sudah tidak berfungsi itu saja kekosongan ini jangan sampai ada yang memanfaatkan orang lain Jadi kita betul-betul akan membantu all out telkom dalam hal ini memastikan slot aman apapun itu namanya,” kata Rudiantara.

Sejak mengalami ganggguan Satelit Telkom 1, Telkom melakukan migrasi 63 pelanggan ke satelit Telkom 2, Telkom 3S, dan ke dua satelit asing yakni Apstar (Hongkong) dan Chinasat (Tiongkok). Setelah satelit Telkom 4 diluncurkan tahun depan, pelanggan yang saat ini dialihkan ke satelit asing akan dikembalikan ke satelit Telkom 4.

[sau]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge