0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

H-2 Idul Adha, Penjualan Hewan Qurban Sepi Pembeli

Pasaran Pahing terakhir di Pasar Hewan Sunggingan sebelum Idhul Adha,pedagang kambing membludak (timlo.net/nanin)

Boyolali — Puncak penjualan hewan qurban di Pasar Hewan Sunggingan, Boyolali, masih sepi pembeli. Sementara stok hewan qurban sapi dan kambing melimpah.

“Sepi, kalau tahun lalu, sudah habis semua dagangan,” kata pedagang sapi, Suwanto, Rabu (30/8).

Menurut Suwanto, hari terakhir penjualan qurban, pedagang dari luar Boyolali menyerbu Pasar Hewan Sunggingan. Kondisi ini, semakin mempersulit pedagang lokal untuk menjual daganganya. Pasalnya, dagangan melimpah namun pembeli tak ada.

“Tidak tahu ini, padahal sudah kulakan banyak,” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan Yatno, pedagang sapi lainnya. Dirinya harus berkeliling di pasar hewan untuk menawarkan sapinya. Tahun lalu, cukup di satu tempat saja, pembeli banyak yang berdatangan.

“Harus pandai-pandai menawarkan, apalagi ini hari terakhir pasaran sebelum Idul Adha,”ujarnya.

Sedangkan untuk harga, mengalami kenaikan Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta. Hanya saja, pembeli yang datang kebanyakan mencari sapi jantan yang harganya berkisar antara Rp 17 juta hingga Rp 20 juta.

Sementara itu, di los hewan kambing, ramai pedagang. Bahkan aktivitas jual beli kambing sampai meluber ke jalan raya. Beda dengan sapi, pembeli hewan qurban kambing mengalami peningkatan. Hanya saja, pedagang harus bersaing ketat untuk menjual daganganya.

“Ini puncaknya, jadi pada dikeluarkan semua,” kata pedagang kambing, Ngari, warga Kartasura.

Sementara menurut petugas UPT Pasar Hewan Sunggingan, Sri Nugroho, hari ini, kambing yang masuk terdata sebanyak 500 ekor. Jumlah tersebut meningkat dibanding hari pasaran pekan lalu, yang hanya sekitar 400 ekor.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge