0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Idul Adha, Perlengkapan Memasak ini Mulai Diburu Pembeli

Pedagang arang di Pasar Legi Solo (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Jelang perayaan hari raya Idul Adha, sejumlah pedagang perlengkapan memasak mulai melakukan penambahan stok barang. Hal itu dilakukan karena permintaan barang seperti arang, tusuk sate dan tempat untuk memanggang biasanya banyak diburu masyarakat.

“Untuk arang sudah kita lakukan penambahan barang sejak pertengahan Juli lalu. Misal dari sebelumnya dua truk sekarang menjadi tiga truk,” ujar salah seorang pedagangarang di Pasar Legi Solo, Zumar kepada wartawan, Rabu (30/8).

Arang dagangganya itu, ia mengaku diambil dari berbagai daerah. Seperti Purwodadi,Kedung Ombo dan Gundhi. Kemudian arang itu dikemasi dengan plastik berbagai ukuran, dan dijual mulai dari harga paling murah yaitu Rp 5.000 untuk ukuran plastik paling kecil.

“Kalau sekarang ini memang yang paling banyak membeli pedagang. Tapi kalau sudah hari H atau sehari sebelumnya, biasanya masyarakat langsung karena ingin digunakan untuk memasak sendiri,” jelasnya.

Kendati perayaan Idul Adha masih beberapa hari lagi, namun ia mengaku lonjakan permintaan sudah terjadi sekitar 20 persen dari biasanya. Pasalnya, selama momen Agustusan kali ini cukup banyak masyarakat yang membutuhkan arang untuk acara bakaran di kampungnya.

Sementara itu pedagang lainnya, Nardi mengaku saat ini perlengkapan memasak yang ditawarkannya belum terlalu banyak peminat. Kendati demikian ia optimis selama periode IdulAdha kali ini akan mendongkrak penjualan.

“Sudah ada peningkatan permintaan tapi tidak terlalu signifikan. Karena kalau momen Idul Adha tren kenaikan permintaan justru setelah perayaan, sehingga berbeda dengan Tahun Baru” jelasnya.

Untuk memafasilitasi kebutuhan masyarakat, ditempatnya menyediakan berbagai alat kebutuhan dapur. Seperti tusuk sate, arang, alat memanggang dan sebagainya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge