0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polisi Ungkap Modus Penipuan Jual Mobil Murah

Polisi bongkar penipuan berkedok jual mobil murah (merdeka.com)

Timlo.net – Polisi ungkap penipuan yang menggunakan jasa jual beli online dengan memasang iklan palsu di OLX. Pelaku berinisial RZ (34) ditangkap untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Ditangkap di Depok sekitar 3 hari lalu,” ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bismo Teguh Prakoso, di Polres Jakarta Selatan, Rabu (30/8).

“Pelaku penipuan online lewat OLX.co.id untuk barang berupa mobil roda empat. Jadi modus pelaku adalah memasang iklan penjualan mobil di OLX dengan informasi palsu. Dengan adanya iklan ini maka korbannya menghubungi nomor yang terpasang,” ungkapnya.

Menurut Bismo, RZ menawarkan harga kendaraan roda empat dengan harga yang murah dengan uang muka yang sangat miring. Dalam melancarkan aksinya RZ selalu membuat akun OLX yang baru dan mengganti nomer yang ia gunakan untuk menelpon pembeli.

Terkait kasus ini kepolisian sudah mengamankan barang bukti berupa 12 hand phone, satu unit laptop, modem dan juga deretan nomer telpon yang RZ gunakan untuk menipu.

“Barang bukti laptop untuk memasang iklan, hand phone ini untuk menghubungi korbannya, ini nomor-nomor yang digunakan untuk menghubungi korban, dan buku rekening dan buku catatan,” tuturnya.

Tindakan RZ diketahui telah memakan enam orang korban. Akibatnya dari kegiatannya itu, kata Bismo RZ dikenakan pasal 378 tentang penipuan dengan ancaman maksimal empat tahun penjara.

“Korbannya sudah kita cek ada enam korban. Bukti-bukti di HP itu tidak termasuk dari bukti-bukti SMS dengan yang bersangkutan dan kita sudah berhasil komunikasi dengan enam korban tersebut kebanyakan di Jawa Timur dan Jawa Barat,” jelas dia.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge