0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hewan Kurban Harus Punya Surat Sehat

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dinas Pertanian Kota Solo mengawasi distribusi hewan kurban dari luar daerah. Beberapa lokasi penjualan hewan menjadi sorotan dan diperiksa untuk mengetahui kesehatan hewan kurban.

“Yang jelas harus ada surat keterangan sehat bagi hewan, yang dikeluarkan oleh dinas pertanian atau peternakan yang dikeluarkan oleh dinas daerah asal hewan tersebut,” kata Kepala Dinas Pertanian Solo, Wenny Ekayanti, Rabu (30/8).

Dikatakan, surat kesehatan hewan ini merupakan bukti sah, bagi hewan yang hendak diperjualbelikan sebagai hewan kurban. Sebab, selain syarat dalam segi kesehatan hewan, hewan kurban juga harus memenuhi syarat syariat.

“Ya untuk memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa kita ingin semuanya sesuai syarat, baik kesehatan maupun syariat. Karenanya perlu diadakan pengecekan kesehatan, dan harus ada surat kesehatan hewan ini,” kata Wenny.

Lebih lanjut Wenny mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap 50 lokasi penjualan hewan kurban, dan lebih dari 500 titik lokasi penyembelihan. Selain itu dirinya juga memastikan bahwa pemyembelihan sesuai dengan syarat kesehatan, seperti pembuangan darah dan kotoran, serta pencucian daging dan jeroan.

“Yang pasti harus sesuai dengan syarat kesehatan juga. Misalnya untuk pembuangan darah dan kotoran, bisa dipendam dengan kedalaman minimal 50 cm. Untuk pencucian daging juga disarankan untuk dilakukan di lokasi yang steril, jangan disungai, dan lainnya,” ujarnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge