0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Inikah Desa Terbersih di Asia?

Desa Mawlynnong. (dok: timlo.net/ nextshark. )

Timlo.net—Sebuah desa kecil di India timur menjadi teladan tidak hanya untuk negara itu tapi juga di seluruh Asia untuk budaya bersih yang mereka anut lintas generasi. Desa bernama Mawlynnong itu didiami 600 orang. Sejak 2003, desa itu memperoleh berbagai julukan mulai dari “taman Tuhan” hingga “desa terbersih di Asia”.

Pada 2005, Pemerintah India secara resmi mengakui jika desa itu adalah desa terbersih di India. Mawlynnong memperoleh penghargaan ini berkat kebiasaan warganya menjaga kebersihan desa.  Menurut Oddity Central, anak-anak di desa ditugaskan untuk menyapu kotoran dan daun yang jatuh ke jalan setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah. Daun-daun yang dikumpulkan lalu ditaruh ke tempat pembuatan pupuk kompos.

Anak-anak juga mengosongkan keranjang sampah dari bambu, memisahkan sampah menurut jenisnya. Desa itu melarang penggunaan plastik dan melarang penduduknya merokok. Tapi plastik masih dijumpai di desa itu karena para turis memakainya.

 

Plastik-plastik itu biasanya dibuang dan didaur ulang. Sebagian besar desa juga memakai energi yang bersih, sebagian besar dari tenaga surya. Hal ini membuktikan komitmen mereka terhadap lingkungan yang sehat. Obsesi Mawlynnong terhadap kebersihan tidaklah muncul dalam semalam. Menurut legenda, sebuah wabah kolera merebak 130 tahun yang lalu. Semenjak itu, para warganya berkomitmen hidup bersih untuk mencegah hal serupa terulang, tulis BBC.

Para penduduk adalah orang Khasi yang secara tradisional matrilineal. Perhatian terhadap kebersihan juga berasal dari sistem masyarakat di mana para wanita dominan. Para turis bisa mengunjungi desa ini dengan nyaman. Mereka akan disambut oleh para warga yang bersahabat dan nyaman berbahasa Inggris. Selain itu, desa itu memiliki tingkat melek huruf 100 persen.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge