0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PKL Dilarang Jualan di Kawasan Benteng Vastenburg

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Kepala DPPKAD Yosca Herman Sudrajad, Sekda Budi Yulistianto meninjau kawasan Benteng Vastenburg (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo geram melihat beberapa pohon rusak karena ulah Pedagang Kaki Lima (PKL) di pelataran Benteng Vastenburg sisi Barat. Pohon-pohon itu melengkung karena difungsikan sebagai penyangga tenda PKL. Tak hanya itu, tali rafia yang masih terikat di pohon juga membuat kawasan tersebut tampak kotor.

“Mulai sekarang tidak boleh lagi jualan di sini,” kata Walikota Hadi Rudyatmo saat meninjau kawasan Benteng Vastenburg, Rabu (30/8).

Rudy –sapaan akrab Walikota Solo, menegaskan larangan tersebut langsung berlaku efektif tanpa tahap sosialisasi. Ia beralasan bahwa PKL sudah sejak awal dilarang mengikatkan tenda ke pohon-pohon karena merusak bentuk pohon. Batang pohon akan melengkung karena terus-menerus menahan beban.

Tak hanya merusak pohon, sisa-sisa tali yang tidak dilepas juga membuat kawasan tersebut tampak kotor. Apalagi, Rudy menemukan setumpuk sampah di bawah pohon saat meninjau kawasan itu.

“Coba ini, seperti ini kan tidak bertanggung jawab,” kata Rudy.

Untuk membenahi pohon yang rusak tersebut, Rudy langsung memerintah Kepala Bidang Pengendalian dan Pengelolaan Lingkungan Hidurp Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo, Luluk Nurhayati untuk meluruskan pohon yang melengkung.

“Kita juga sekalian memangkas cabang-cabang yang mati agar tidak patah,” kata Walikota.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge