0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Suplemen Vitamin B Perbesar Resiko Kanker Paru-Paru Pada Pria

Ilustrasi suplemen vitamin. (dok: timlo.net/ consented.co.uk )

Timlo.net—Menurut penelitian baru dari Ohio State University, Amerika Serikat (AS), pria yang mengkonsumsi suplemen vitamin B6 dan B12 setiap hari dalam waktu lama mengalami kenaikan resiko kanker paru-paru hingga dua kali lipat. Resiko ini naik tiga kali lipat jika mereka merokok.

Penelitian itu diterbitkan di the Journal of Clinical Oncology. Para peneliti mengikuti 77 ribu partisipan berusia 50-76 tahun yang meminum vitamin B setiap hari selama 10 tahun. Saat diminum secara tunggal, vitamin B12 dan B6 justru memperbesar resiko kanker paru-paru. Kenaikan resiko antara 30 hingga 40 persen setelah enam tahun. Setelah 10 tahun, resiko itu naik dua kali lipat, tulis Daily News.

Pria yang merokok sebelum penelitian ini dan mengkonsumsi vitamin B mengalami kenaikan resiko tiga kali lipat. Tidak ada hubungan antara konsumsi vitamin B harian dan kanker paru-paru pada wanita.  Vitamin ini seringkali dikonsumsi untuk meningkatkan energi, konsentrasi, mood dan energi. Ada delapan jenis vitamin B termasuk B2 (riboflavin), B6 (pyridoxine), B7 (biotin) dan B12 (cobalamin). Vitamin B secara alami ditemukan pada ikan, daging, telur dan produk susu, buah dan sayuran, gandum utuh dan biji-bijian.

Karena mudah ditemukan pada makanan, penelitian menyatakan jika suplemen B6 dan B12 yang dikonsumsi partisipan lebih tinggi dari yang direkomendasikan. Selama ini rekomendasi para ahli kesehatan adalah 1,3 mg per hari untuk B6 dan 2,4 mg per hari untuk B12. Penelitian itu juga menyatakan jika para partisipan tidak mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah tetap selama 10 tahun.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge