0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemalsuan Tanda Tangan

Vonis Tiga Tahun Penjara Mantan Manajer Persis Dikuatkan MA

Mantan Manager Persis, Waseso usai jalani sidang di pengadilan (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Putusan bebas mantan Manager Persis, Waseso oleh Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Tengah dimentahkan oleh Hakim Mahkamah Agung (MA) yang diketuai Artidjo Alkostar. Kasus tindak pidana pemalsuan tanda tangan untuk pencairan uang tabungan bersama sekitar Rp 21,6 miliar di Bank UOB Solo ini berakhir dengan penguatan putusan hakim PN Solo yang menghukum terdakwa selama tiga tahun.

“Putusan kasasi MA menguatkan vonis majelis hakim PN Solo pada pertengahan Desember 2016,” terang Kasi Pidum Kejari Solo, Bambang Saputra, Selasa (30/8).

Sebelumnya, terdakwa menyatakan banding ke tingkat PT Jawa Tengah usai dijatuhi vonis selama tiga tahun dari PN Solo. Dalam putusan banding di PT Jawa Tengah, Waseso malah divonis bebas oleh majelis hakim.

Dengan terbitnya vonis dari PT Jawa Tengah, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Solo mengajukan kasasi ke MA. Pengajuan kasasi oleh JPU dikabulkan oleh Majelis Hakim MA yang diketuai Artidjo Alkostar dengan hasil menguatkan putusan PN Solo.

Usai penerbitan putusan tersebut, lanjut Bambang, pihaknya segera melayangkan surat panggilan eskekusi terhadap Waseso. ‘

“Hari ini, atau maksimal besok akan kami lanyangkan surat panggilan,” tegas Bambang.

Jika surat panggilan tak diindahkan, pihaknya akan melayangkan surat panggilan lagi sebanyak tiga kali. Jika yang bersangkutan tetap bersikeras tidak mau hadir, maka akan dilakukan pemanggilan paksa dengan bantuan aparat penegak hukum.

Seperti diketahui, kasus tindak pidana pemalsuan tanda tangan untuk pencairan uang tabungan bersama sekitar Rp 21,6 miliar di Bank UOB Solo ini mencuat setelah Roestina Cahyo Dewi melaporkan kasus tersebut ke pihak berwajib pada 2016 silam. Korban mengaku, tanda tangannya telah dipalsukan sebanyak 18 kali dengan rentang waktu antara Agustus 2012 hingga September 2013.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge