0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Santunan Korban Crane Segera Cair, Segini Besarannya

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin lega akhirnya sudah ada kepastian pencairan santunan korban kecelakaan crane jatuh pada 2015. Untuk pencairan uang santunan tinggal menunggu karena sedang dilakukan proses administrasi.

“Alhamdulillah dalam waktu tidak lama lagi. Kita tinggal menunggu saja,” kata Menag usai acara Halaqah NU Internasional di Hotel Arkan Bakkah Mahbas, Makkah, Selasa (29/8).

Pencairan dana santunan korban crane jatuh sebelumnya juga disampaikan oleh Dubes RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel.

“Baru tadi sore (Senin, 28/8) saya terima nota diplomatik dengan status sangat segera. Karena mereka bilang segera, maka kami langsung menindaklanjutinya,” kata Agus.

Agus menjelaskan, ada 36 korban crane dari Indonesia yang telah teridentifikasi. Nama-nama korban crane itu telah diverifikasi ketat oleh pemerintah Arab Saudi. Ada korban meninggal, cacat, dan luka berat serta ringan.

Dari Indonesia, ada 10 korban meninggal dunia, satu jemaah cacat. Sisanya mengalami luka berat dan ringan.

“Untuk korban meninggal dan cacat akan menerima SAR 1 Juta (Riyal Arab Saudi) atau sekitar Rp 3,5 Miliar. Sedangkan jemaah yang luka mendapatkan SAR 500.000,” katanya.

Agus belum tahu persis kapan akan cair. Namun jika dilihat dari nota diplomatiknya dari pemerintah Arab Saudi tidak akan lama lagi segera cair uang santunannya.

“Bagaimanapun ini kabar baik bagi ahli waris yang sudah menunggu kepastian sejak 2015,” jelas Agus.

Agus menambahkan, proses panjang pencairan santunan karena Pemerintah Arab Saudi melakukan verifikasi ketat terhadap korban crane. Sebab, sempat ada kasus bukan korban crane namun ada yang memasukkan namanya dalam daftar korban crane.

“Sempat banyak usaha-usaha yang memasukkan mayat lain atau korban lain yang tidak masuk korban crane,” jelasnya.

[has]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge