0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Belum Sempat Ditebus, Ratusan Kilogram Rastra Digondol Maling

Ilustrasi pencuri (dok.merdeka.com)

Klaten — Puluhan karung beras untuk keluarga sejahtera (rastra) di Kantor Desa Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan raib digondol maling. Akibatnya, pembagian jatah beras yang dulu bernama Raskin itu pun tertunda.

“Kejadiannya kemarin (Senin, 29/8). Ada 25 sak yang dicuri atau senilai Rp 26 Juta. Padahal itu jatah rastra yang belum sempat diambil warga,” ujar Kepala Desa (Kades) Sumberejo, Tri Rahardjo, Selasa (29/8).

Dikatakan, total jatah rastra yang diterima Desa Sumberejo sebanyak 1.830 kg atau 122 sak. Tiap keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatkan kuota beras sebesar 15 Kg atau satu karung rastra dengan merogoh kocek Rp 1.600 per Kg.

“Kami terima pada Kamis (24/8). Kemudian esok harinya (Jumat, 25/8) rastra kami salurkan ke KPM yang ada di 12 RW.  Tapi masih ada warga yang belum ambil. Jadi yang 25 sak itu kami simpan dulu di aula,” kata Tri, yang langsung melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian.

Selain rastra sebanyak 25 sak atau setara 375 Kg, satu set audio speaker senilai Rp 2 juta di Kantor Desa Sumberejo juga dibawa kabur pencuri. Diduga, aksi tersebut dilakukan lebih dari satu pelaku mengingat muatan barang yang dicuri cukup banyak.

Kapolsek Kota Klaten AKP Suyadi menyebut, berdasarkan keterangan penjaga malam, saksi sempat melihat kendaraan terparkir di sisi timur lapangan. Namun karena lapangan di depan kantor desa tersebut sering digunakan belajar menyetir, saksi pun tidak menaruh curiga.

“Kalau sendirian pasti menguras tenaga dan makan waktu lama. Karena satu karungnya berisi 15 Kg beras.  Jadi kemungkinan aksi dilakukan setelah penjaga malam pulang pukul 00.00 WIB,” ujar Suyadi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge