0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pendapa Balaikota Dibongkar

​Sejumlah tukang memasang pagar proyek di sekeliling Pendhapa Gede Balaikota Solo, Selasa (29/8) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pendhapi  Gede Balaikota Solo mulai dibongkar, Selasa (29/8). Pemerintah Kota (Pemkot) berencana memugar bangunan yang menjadi wajah kantor Pemkot Solo itu. Pendapa akan didesain terbuka untuk memudahkan akses publik.

“Nanti kita buka semua termasuk pagar di depan Balaikota akan kita bongkar,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Selasa (29/8).

Rencana pemugaran sendiri sudah diwacanakan Pemkot Solo sejak tahun 2016 silam. Rudy ingin agar sejumlah bangunan milik pemerintah seperti Rumah Dinas Walikota Loji Gandrung dan gedung-gedung di Balaikota bisa difungsikan sebagai ruang publik. Bahkan sejak awal tahun ini, sejumlah ruangan di Balaikota Solo mulai sering digunakan untuk kegiatan masyarakat. Terutama pada hari libur saat aktivitas di Balaikota minim.

“Semua kegiatan boleh pakai (fasilitas di Balaikota). Tinggal mengajukan saja. Yang penting tidak untuk mantu,” kata dia.

Pemugaran Pendhapi Gede sebenarnya sudah dimulai sejak Senin (28/9) sore. Sejumlah tukang mulai membongkar jalan paving block di Utara Pendhapi. Pekerjaan dilanjutkan dengan memasang pagar proyek di sekeliling pendhapi.

“Di sini nanti akan jadi bangunan,” kata salah satu tukang saat ditanya timlo.net tentang pembongkaran jalan di Utara Pendhapi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge