0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hutan Lindung Terbakar, Diduga Api Berasal dari Puntung Rokok

Relawan dan polisi memadamkan kebakaran hutan (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Hutan lindung milik Perhutani di petak 22-2 RPH Pulosari BKPH Wonogiri KPH Surakarta Selasa (29/8) siang terbakar. Kebakaran hutan yang berada di sekitar Waduk Claket Desa Sendangijo Kecamatan Selogiri ini nyaris saja menjalar ke pemukiman warga Diduga api berasal dari sisa puntung rokok yang sengaja dibuang sembarangan.

“Yang terbakar sekitar satu hektar, tapi hanya semak belukar. Akan tetapi jika tidak segera dipadamkan api itu akan merembet ke pemukiman warga karena jarak hutan Perhutani dengan pemukiman hanya sekitar 500 meter, ” ungkap Ngadiyo warga setempat.

Menurut dia, api dengan cepat menjalar dari lereng perbukitan membakar rumput kering dan semak belukar. Terlebih lagi kondisi angin berhembus dengan kencang. Melihat itu, warga berinisiatif memadamkan api, selanjutnya dilaporkan ke perangkat desa setempat.

Kapolres Wonogiri AKBP Muhammad Tora melalui Paur Humas Aipda Iwan Sumarsono mengatakan, jajaran Polsek Selogiri bersama relawan BPDB langsung terjun ke lapangan membantu warga memadamkan kobaran api. Meski dengan alat seadanya, kobaran api dapat dipadamkan.

“Kami juga mengimbau agar warga berhati- hati, jangan sembrono jangan membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan. Karena saat ini merupakan puncak musim kemarau,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge