0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Atasi Kekeringan, PDAM Dituntut Punya Terobosan

Ilustrasi. Dropping air bersih. (foto: Agung Widodo)

Sragen – Musim kemarau tahun ini telah menyebabkan kekeringan di sejumlah wilayah di Kabupaten Sragen, terutama kecamatan yang berada di utara bengawan. Warga yang tinggal di daerah tersebut mengalami kekurangan air bersih.

Pemkab Sragen sendiri tengah mencari solusi untuk mengatasi kekeringan yang terjadi setiap musim kemarau tiba.

“Tahun ini memang diprediksi kemarau lebih panjang dari tahun kemarin. Kalau tahun lalu kemarau basah, sekarang ini kemarau kering. Banyak waduk yang kering, warga kekuarangan air bersih,” kata Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Selasa (29/8).

Saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Yuni menyampaikan, selain warga kekurangan air brsih, musim kemarau yang panjang tersebut juga berdampak pada bidang pertanian. Kalau ini berlarut tanpa ada solusi, maka bakal mempengaruhi terhadap hasil panen petani yang menurun.

Menurut Yuni, untuk mengatasi kekurangan air bersih pihaknya melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtonegoro Sragen telah menganggarkan untuk membangun jaringan baru di wilayah utara bengawan. Selain itu sejumlah sumur dalam juga telah dibangun untuk bisa dimanfaatkan warga di sana.

“Saya prihatin, semoga ada terobosan baru untuk mengatasi kekeringan di utara bengawan. Terutama PDAM harus bisa mencari solusi untuk atasi ini,” terang Yuni.

Yuni menyatakan, sebenarnya di kecamatan sendiri telah ada anggaran untuk kegiatan sosial yang bisa dipergunakan untuk membantu air bersih warga yang kekeringan. Demikian juga beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OP) seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Dinas Pertanian juga ada anggaran khusus untuk mengatasi masalah kekringan.

Dia juga mengapresiasi kegiatan elemen masyarakat atau pihak swasta yang telah peduli terhadap kekeringan di utara bengawan dengan memberikan bantuan air bersih. Walau diakuinya bantuan yang diberikan tersebut lantaran berdasarkan permintaan warga setempat atau karena hubungan kedekatan

“Kalau untuk bantuan sendiri pihak swasta sudah banyak yang membantu air bersih. Saya terima kasih kepada beberapa elemen yang sudah kirim air bersih. Semoga tidak berhenti di sini,” paparnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge