0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Direktur Penyidikan KPK Dilarang Hadiri Pansus Hak Angket

Komisi Pemberantasa Korupsi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Brigjen Pol Aries Budiman tidak diizinkan menghadiri rapat dengar pendapat bersama panitia khusus hak angket DPR. Aries diundang untuk mengklarifikasi perihal dugaan pertemuannya dengan anggota DPR. Adanya permintaan tersebut sehubungan pemutaran video Miryam saat menjalani proses penyidikan di KPK, terkait korupsi proyek e-KTP.

“Pimpinan tidak sependapat untuk yang bersangkutan hadir,” ujar Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, Selasa (29/8).

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan hal serupa. Meski tidak menegaskan penolakan kehadiran Aries dalam rapat tersebut. Pihaknya masih mempertimbangkan surat panggilan yang dikirim per tanggal 28 Agustus itu.

“Respons terhadap surat tersebut tentu perlu kami pertimbangkan terlebih dahulu agar langkah KPK tetap sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Febri.

Dalam video saat menjalani penyidikan, Miryam mempertanyakan independensi KPK dalam penegakan hukum. Hal ini ia utarakan setelah mengaku pernah mendengar dari koleganya di DPR bahwa ada pihak KPK yang diduga direktur penyidikan dan penyidik bertemu dengan anggota Komisi III DPR.

Aries pun telah menjalani pemeriksaan internal KPK. Sejauh ini, disampaikan Febri, Aries mengaku tidak mengenal dengan orang orang di DPR. Dia juga membantah pernah melakukan pertemuan seperti disampaikan orang yang bercerita kepada Miryam.

“Secara prinsip diterangkan tidak ada pertemuan antara direktur dengan anggota Komisi III DPR dan bahkan direktur mengatakan tidak mengenal anggota DPR,” kata Febri.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge