0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Elon Musk Ingin Gabungkan Otak Kita ke Komputer

Elon Musk. (dok: timlo.net/ metro.co.uk)

Timlo.net—Elon Musk tidak puas hanya dengan menciptakan Space X untuk menaklukan ruang angkasa, atau membuat alat transportasi revolusioner dengan Hyperloop dan mobil listrik Tesla. Dia ingin mengubah manusia menjadi cyborg kekal. Atau paling tidak dia ingin menyambungkan otak kita secara langsung ke komputer.

Elon mendirikan startup Neuralink secara diam-diam. Startup itu hingga sekarang berhasil mengumpulkan dana sebesar $29,6 juta. Neuralink ingin menciptakan sebuah implan bergaya Matrix yang bisa menyambungkan manusia dengan mesin.

Elon percaya jika manusia bisa menanamkan implan otak dalam delapan hingga sepuluh tahun mendatang. Secara teori, implan itu bisa menghubungkan manusia secara langsung dengan komputer. Dan suatu hari kelak, hal ini berarti kita bersatu dengan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Neuralink saat ini masih dalam tahap paling awal, tulis Metro.co.uk. Bisnis itu saat ini berpusat pada penciptaan alat-alat yang bisa ditanam ke dalam otak manusia. Elon mengisyaratkan keterlibatannya dalam penelitian seperti ini di masa lalu. Tahun ini, dia mengungkapkan pada masyarakat di Dubai, “Seiring waktu saya pikir kita mungkin akan melihat penggabungan yang lebih dekat antara kecerdasan biologis dan kecerdasan digital. Hal ini umumnya terkait dengan bandwidth, kecepatan hubungan antara otak Anda dan versi digital dari diri Anda sendiri, khususnya outputnya.”

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge