0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pimnas 2017, UNS Hanya Raih Satu Perunggu

(dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2017, Universitas Sebelas Maret (UNS) hanya meraih satu medali perunggu dalam kategori Poster. Padahal tercatat ada 11 tim yang dikirim UNS pada Pimnas yang digelar di Makassar, Sulsel.

“UNS meraih medali perunggu untuk kategori poster. Medali tersebut diraih atas nama Alfiyatul Fithri angkatan 2015,  Yayan Dwi Sutarni angkatan 2014 dan Burhan Fatkhur Rahman  angkatan 2014 yang dibimbing oleh dosen Maulidan Firdaus pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta dengan judul Aptucos (Air Purification Tools Using Coconut Shell): Alat Pemurni Udara Inovatif Sebagai Alternatif Pertolongan Pertama Korban Asap Regional Kebakaran,” ungkap Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNS, Dharsono saat dikonfirmasi Timlo.net, di Kampus UNS, Solo, Selasa (29/8).

Dharsono mengatakan, pada tahun 2017, UNS belum berhasil meraih medali emas. Sedang 12 besar peraih emas terbanyak dalam Pimnas 2017, diantaranya Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Institut Teknologi Bandung, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Jenderal Soedirman dan Universitas Negeri Malang.

Diakui, konten kreativitas akademik dan ilmiah Tim UNS masih kurang. Oleh karena itu, ke depan perlu adanya sinergi di bidang akademik termasuk partisipasi dosen pembimbing. “Partisipasi dosen pembimbing perlu ditingkatkan dalam membimbing PKM terlebih yang sudah lolos Pimnas. Mahasiswa jangan dibiarkan saja,” ujarnya.

Baik dosen pembimbing maupun mahasiswa mendapat reward. Dosen pembimbing mendapat tambahan poin remunerasi, sedang mahasiswa peraih perunggu mendapat reward sesuai dengan SK rektor berupa pengurangan atau pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge