0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Buktikan Sapi Putri Cempo Mengandung Timbal Tinggi

Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UNS, Dr Pranoto MSi (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) membuktikan sapi pemakan sampah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosongo, Jebres, Solo mengandung logam timbal (Pb) yang cukup tinggi. Karena itu, masyarakat diminta waspada terhadap sapi yang dijual dari TPA Putri Cempo, termasuk sapi untuk ibadah kurban.

“Jika daging sapi pemakan sampah tak layak konsumsi tanpa perlakuan tertentu,” jelas Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UNS, Dr Pranoto MSi saat menyampaikan hasil penelitian Sapi TPA Putri Cempo kepada wartawan, di Kampus FMIPA UNS, Selasa (29/8).

Pranoto mengemukakan, untuk sapi yang memakan sampah baru, berdasar penelitian yang kami gunakan dengan metode tertentu, kadar timbal dalam daging mencapai 1,4 ppm hingga 1,7 ppm. “Jumlah tersebut di atas ambang baku mutu yang ditetapkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang menetapkan standar baku mutu protein hewani dan olahannya tak lebih dari 0,1 ppm,” jelasnya.

Menurut Pranoto, sapi yang memakan sampah lama atau sampah yang sudah bercampur dengan tanah. Kadar timbal pada sapi-sapi tersebut jauh lebih tinggi ketimbang sapi yang hahya mengonsumsi sampah baru. Berdasar penelitian yang dilakukannya pada periode Januari – Februari tahun ini dengan metode uv-fis, sapi yang memakan sampah lama, akan mengandung timbal yang sangat tinggi yakni 13 hingga 17 ppm atau 10 kali lipat dibanding sapi yang memakan sampah baru.

Disebutkan, daging sapi pemakan sampah dan sapi biasa secara kasat mata sulit dibedakan. Kadar timbal hanya dapat diuji dengan alat khusus. Namun sekilas yang membedakan, diantaranya adalah serat daging yang justru lebih padat dibanding sapi biasa. Selain itu, pada pencernaan maupun feses sapi pemakan sampah bisa menjadi penanda apakah sapi tersebut pemakan sampah atau sapi biasa.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge