0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Minum Empat Gelas Kopi Per Hari Kurangi Resiko Kematian

Menyeduh kopi. (dok: timlo.net/prima-coffee.com. )

Timlo.net—Sebuah penelitian baru dari para ilmuwan Spanyol menyatakan jika konsumsi kopi yang lebih tinggi dihubungkan dengan penurunan resiko kematian. Penelitian itu dipresentasikan di the European Society of Cardiology Congress di Barcelona, Spanyol.

Penelitian itu diadakan oleh the Hospital de Navarra di Pamplona, Spanyol. Mereka menyimpulkan jika mereka yang minum empat gelas kopi per hari mengalami penurunan resiko kematian 64 persen, tulis Daily News. Penelitian tersebut mengikuti kondisi kesehatan 20 ribu peserta selama 10 tahun. Para peneliti bahkan menyatakan jika mereka yang berusia 45 tahun ke atas mengalami penurunan resiko kematian hingga 30 persen jika mereka minum 6 gelas per hari.

Dr. Adela Navarro, seorang kardiolog di rumah sakit itu yang melakukan penelitian berkata jika penelitian itu menyatakan empat gelas kopi per hari bisa menjadi bagian dalam pola makan sehat. Kesimpulan itu sesuai dengan dua penelitian lain yang diterbitkan tahun ini. Keduanya menyimpulkan jika kopi memiliki manfaat positif untuk tubuh. Satu penelitian menyatakan jika kopi menurunkan resiko kematian karena penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes dan penyakit ginjal.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge