0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Proyek Jalan Macet Total, Kontraktor Terancam Kena Blacklist

Proyek pembangunan Jalan HOS Cokroaminoto (dok.timlo.net/agung widodo)
Sragen — Proyek pembangunan Jalan Kedawung – Jambangan, Desa Kedawung, Kecamatan Mondokan terancam terkena blacklist. Pasalnya pengerjaan proyek dengan anggaran APBD sebesar Rp 5,1 miliar tersebut macet total sejak dua bulan terakhir dan sudah mendapat dua kali peringatan.
”Melihat kondisi itu, kami tidak tabu untuk lakukan blacklist. Putus kontrak yang dilakukan tentunya sesuai aturan berlaku,” kata Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Senin (28/8).
Usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah proyek pembangunan jalan, Yuni menyatakan, pihaknya tidak akan ragu memblacklist pekerjaan yang progresnya tak maksimal. Seperti di Mondokan dari hasil pengecekan terakhir, progresnya baru tujuh persen dari tahapan yang seharusnya sudah mencapai 21 persen.
Kondisi pembangunan proyek jalan di Sragen memang terkendala banyak hal. Seperti diantaranya harga besi wiremesh yang melambung tinggi di pasaran dari nilai kontrak awal. Selain itu besi tersebut juga susah didapatkan pada saat ini.
”Kalau ada barangnya, meski harga tinggi masih bisa dibeli, lha ini kondisi nggak ada. Namun itu sudah menjadi resiko rekanan,” terang Yuni.
Dia menambahkan, untuk mengatasi persoalan tersebut, dalam anggaran perubahan mendatang bakal dilakukan penyesuian harga index.
Dalam sidak tersebut, Yuni didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sragen, Marija. Diantara lokasi yang didatangi adalah Jalan HOS Cokroaminoto hingga Kecamatan Mondokan.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge