0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jamnas Revolusi Mental, Tak Pengaruhi Bisnis Shopping

Suasana kios batik di PGS (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Even Jambore Nasional Revolusi Mental yang digelar di Stadion Manahan pada Jumat-Minggu (25-27/8) tidak hanya teknis pelaksanaanya yang dianggap amburadul. Dari sisi dampak bisnis, khususnya shopping juga dianggap tidak memiliki pengaruh yang cukup signifikan.

“Kalau dari sisi pengunjung memang ada kenaikan. Tapi kalau untuk transaksi sepi, kebanyakan mereka hanya melihat-lihat saja tidak melakukan pembelian,” ujar karyawan toko Sekar Jaya Batik yang berlokasi di Pusat Grosir Solo (PGS), Cici kepada wartawan, Senin (28/8).

Padahal, sebelumnya sempat berharap banyak terhadap even nasional yang mendatangkan sekitar 15 ribu perserta tersebut. Mulai dari penambahan stok barang, seperti kain batik, pakaian jadi dan lainya. Karena biasanya selama ada perhelatan even atau tamu dari luar kota akan banyak yang membutuhkan oleh-oleh untuk keluarganya.

“Atau mungkin nyari ditempat lain saya juga kurang tahu. Tapi yang jelas even kemarin itu tidak memiliki dampak terhadap penjualan,” jelasnya

Kondisi yang sama juga dirasakan pedagang lainnya. Wulan selaku karyawan toko batik Aditya mengaku selama akhir pekan kemarin tidak terlalu banyak transaksi yang dilayani. Mereka yang melakukan pembelian ditempatnya rata-rata adalah pelanggan setianya saja.

“Memang kemarin itu ada pelanggan kami dari Kalimantan. Tapi mereka bukan peserta Jambore Nasional di Manahan,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge