0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gangguan Satelit Telkom, 13 % ATM di Soloraya Terdampak

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Bandoe Widiarto (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Menyikapi adanya gangguan pada satelit Telkom yang terjadi sejak Jumat (25/8) yang berakibat pada layanan di sejumlah anjungan tunai mandiri (ATM), masyarakat diimbau untuk tidak khawatir. Pasalnya, gangguan yang terjadi tersebut tidak menyeluruh dan masyarakat masih bisa melakukan transaksi di kantor perbankan atau ATM yang tidak mengalami gangguan.

“Di wilayah Soloraya sendiri total ATM ada sekitar 1500. Terkait dengan adanya gangguan pada satelit Telkom itu, sejauh ini yang berdampak hanya sekitar 13 persen,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Senin (28/8).

Oleh karena itu, Bandoe mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir. Bahkan pihaknya saat ini sudah menyiapkan berbagai strategi untuk mendukung ketersediaan uang tunai masyarakat.. Antara lain melalui real time gross settlement (RTGS), sistem kliring dan lainnya.

“Pada intinya kita siap mendukung perbankan untuk melayani transfer dana maupun penyediaan kebutuhan uang tunai masyarakat,” jelasnya.

Gangguan pada satelit Telkom tersebut, menurutnya baru kali pertama ini terjadi. Saat ini BI terus memantau perkembangan perbaikan gangguan dan terus berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga lainnya yang terkait.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge