0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Daftar Tunggu Cetak E-KTP di Solo Sampai 24 Ribu Keping

Warga mengantri di Kantor Dispendukcapil Solo untuk mengurus dokumen kependudukan, Senin (28/8) (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Daftar tunggu cetak e-KTP di Solo menyentuh angka 24 ribu keping. Data tersebut merujuk data yang sudah terekam namun belum bisa dicetak (ready print record alias RPP). Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo masih menunggu kiriman tambahan dari pemerintah pusat.

“Kita minta paling tidak dikirimi 16 ribu blangko tapi hanya dapat seribu keping,” kata Kepala Seksi Identitas Penduduk Dispendukcapil Solo, Subandi, Senin (28/8).

Hal ini mengindikasikan pasokan blangko e-KTP di pusat sudah kosong atau setidaknya menipis. Apalagi bulan lalu kelangkaan blangko e-KTP terjadi di beberapa daerah seperti Klaten dan Sragen.

Sementara itu, pengadaan blangko e-KTP diperkirakan baru terealisasi September mendatang. Penelusuran Timlo.net melalui laman web Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), lelang pengadaan blangko e-KTP sudah diadakan sejak 31 Juli lalu. PT PURA BARUTAMA, Kudus dinyatakan sebagai pemenang lelang. Saat dikunjungi Senin (28/8) siang, lelang tersebut masih memasuki masa sanggah. Artinya, pemenang lelang belum menerima Surat Perintah Kerja (SPK) dari Kemendagri.

“Kalau tidak ada yang menyanggah, seharusnya September sudah ada,” kata dia.

Subandi berharap pengadaan blangko kali ini bisa berjalan lancar. Apalagi, selama ini Kota Solo menerbitkan antara 5 – 6 ribu keping KTP. Jumlah tersebut merupakan total KTP yang dicetak di kantor-kantor kecamatan dan Dispendukcapil.

“Memang kita prioritaskan yang RPP. Tapi kalau ada warga yang datang sendiri tetap kita layani,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge