0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ujian Ninja Dimasukkan ke Dalam Ujian Masuk Universitas Ini

Ujian ninja. (dok: timlo.net/ soranews24.)

Timlo.net—Mie University di Kota Iga, Distrik Mie, Jepang memasukkan materi terkait ninja dan ninjutsu dalam ujian masuk mereka. Bila kalian membaca hal ini, mungkin yang muncul dalam bayangan kalian adalah ujian ninja seperti yang ada dalam serial animasi Naruto. Dalam serial animasi populer itu, ujian ninja biasanya dilakukan dengan pertarungan di antara para pesertanya.

Salah satu pengajar di Mie University, Profesor Yuji Yamada membantah hal itu. Dia berkata ujian itu hanya meliputi pemahaman terkait sejarah Jepang, kemampuan membaca dokumen sejarah dan keterampilan komunikasi umum. Tapi dia terbuka jika masyarakat menginginkan ujian ninja secara fisik sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru. Reaksi netizen di Jepang beragam, tulis SoraNews24.

“Sepertinya ini cara yang baik untuk menjadi Hokage.”

“Tidak terima kasih, saya tidak ingin gelar ‘Phd (Ninja)’ di samping nama saya.”

“Wow, hal ini terdengar menyenangkan!”

“Apakah ini berita palsu yang saya dengar?”

“Mie University, apa yang kamu lakukan?”

“Meh, saya tidak suka Naruto. Beritahu aku saat mereka menawarkan kursus Soul Reaping.”

Di Jepang, lulusan SMA yang ingin kuliah harus menjalani tes ujian masuk nasional untuk pelajaran seperti bahasa dan matematika. Tapi setelah lulus, mereka harus ikut ujian yang diadakan masing-masing universitas. Ujian ini dirancang khusus sesuai materi kuliah yang ingin diambil para pendaftar.

Dalam kasus ini, pengetahuan ninja hanyalah bagian pilihan untuk ujian masuk. Jadi pendaftar tidak perlu kuatir jika mereka ingin diterima, mereka harus belajar cara menyatu dengan alam supaya tidak terlihat. Universitas itu juga menawarkan kelas pilihan seperti Ninja di dalam film dan Ninjutsu. Pada 2012, mereka bahkan memperkerjakan Jinichi Kawakami, kepala klan ninja Koga yang ke-21 sebagai dosen.

Rupanya ninja adalah hal yang serius untuk Distrik Mie. Wilayah itu memiliki hubungan yang kuat dengan sejarah ninja. Kota Iga adalah tujuan wisata utama di wilayah itu untuk atraksi ninja. Menguasai teknik ninjutsu bisa menjadi keterampilan kerja yang berguna di kota ini.

Ninja yang diketahui masyarakat dunia sekarang ini berdasarkan mitos dan legenda yang dilebih-lebihkan. Kebenaran tentang ninja masih tidak diketahui dan hanya sedikit dokumen tentang pasukan ini.

Jadi sebagian besar penelitian terkait ninja biasanya berupa membaca dokumen kuno yang ditulis dalam huruf kuno. Mie University menjadi yang terdepan dalam hal ini. Mereka mendirikan pusat penelitian ninja internasional pada Juli 2017.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge