0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Wanita Muda Ini Dianggap Sebagai Einstein Berikutnya

Sabrina Gonzalez. (dok: timlo.net/ indy100.com)

Timlo.net—Wanita berusia 23 tahun bernama Sabrina Gonzalez Pasterski ini seringkali dibandingkan dengan para jenius seperti Stephen Hawking dan Albert Einstein. Walaupun baru berusia 23, Sabrina sudah meraih banyak hal.

Saat dia berusia 14 tahun, warga California, Amerika Serikat (AS) itu merakit mesin pesawatnya sendiri. Tidak hanya merakitnya, dia juga memakai mesin rakitannya untuk terbang melintasi Danau Michigan. Dia menjadi orang termuda yang pernah menerbangkan pesawat rakitan sendiri.

Proses perakitan pesawat itu hanya perlu waktu dua tahun untuk selesai. Semua proses dia dokumentasikan di YouTube. Dia lulus dari Illinois Mathematics and Science Academy pada 2010. Dia lalu masuk kuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang prestisius.

Awalnya dia harus menunggu untuk diterima masuk ke kampus ternama itu. Tapi begitu Profesor Allen Haggerty dan Earll Murman melihat videonya, mereka tanpa ragu menerimanya. Allen berkata, “Mulut kami terbuka lebar setelah kami melihatnya. Potensinya melampaui batas.”

Setelah tiga tahun kuliah di MIT, dia meraih nilai tertinggi yang mungkin diraih yaitu 5.0. Dia sekarang sedang menyelesaikan program doktoral di kampus kenamaan dunia, Harvard University. Sabrina diberi kebebasan akademis penuh dan tanpa intervensi dari staf kampus.

Sekarang Sabrina tidak tertarik membangun pesawat. Dia tertarik pada fisika dan subyek seperti black hole atau bagaimana gravitasi mempengaruhi waktu dan ruang. Oleh karena itulah dia dibandingkan dengan Einstein dan Hawking.

Dia khususnya ingin belajar gravitasi kuantum, di mana dia ingin memahami hubungan antara gravitasi di dalam konteks fisika kuantum. Jika penelitiannya sukses, penemuannya dalam area ini bisa benar-benar mengubah pemahaman kita terhadap alam semesta.

Sabrina mendokumentasikan seluruh karyanya di situs Physics Girl. “Bersikaplah optimis dengan apa yang Anda percaya Anda bisa. Saat Anda kecil, Anda berkata ingin melakukan banyak hal atau ingin menjadi sesuatu bila dewasa nanti—saya pikir penting untuk tidak kehilangan pandangan terhadap mimpi-mimpi Anda,” ujar Sabrina dalam wawancara dengan Marie Claire.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge