0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jalan Berdebu, Warga Jambean Bagikan Masker

Warga membagikan masker di Jalan Gondang - Jambean, Kecamatan Sambirejo (dok.timlo.net/agung widodo)
Sragen — Warga Dukuh Gamping, Desa Jambean, Kecamatan Sambirejo, Sragen menggelar aksi bhakti sosial sebagai bentuk keprihatinan atas polusi hujan debu yang dialami masyarakat setempat. Mereka membagikan masker ke warga dan para pengendara yang melintas di Jalan Gondang – Jambean, Kecamatan Sambirejo.
“Kami membagikan masker bagi penguna jalan dan warga masyarakat sekitar karena jalan sudah berdebu dan sudah sangat tidak sehat untuk pernapasan,“ kata pengagas Peduli Lingkungan Sehat, Rofik (41), warga Gamping RT 18, Desa Jembean, Minggu (27/8).
Dalam Baksos tersebut, pihaknya menggandeng para santri asal Jawa Timur dan mahasiswa dari Solo untuk turun ke jalan. Selain bagi-bagi masker, mereka juga menyirami jalan menggunakan tangki semprot, ember dan peralatan pembawa air lainnya.
Kegiatan ini juga masih untuk memperingati HUT RI yang ke-72 dengan tema “Desaku Yang Kucinta. Cinta Desa, Cinta Lingkungan Sehat“.
“Tujuan kami  untuk memupuk semangat kepedulian warga sini menjaga lingkungannya, agar lingkungan sehat dan udara sejuk,“ terang Rofik.
Paryono (55), warga Dukuh Gamping RT 16, Desa Jambean saat ditemui mengeluhkan adanya hujan debu akibat polusi udara yang ditimbulkan dari truk dump pengangkut galian C dari Gunung Tugel. Warga berharap bantuan pemerintah untuk menangani pencemaran udara tersebut.
“Jalan sudah lama rusak, semenjak ada tambang batu di Gunung Tugel. Debu sangat menggangu lingkungan kami dan warga lainnya di sini,” terang Paryono.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge