0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mantan Bos Expedia Jadi CEO Baru Uber

Dara Khosrowshahi. (dok: timlo.net/ bbc. )

Timlo.net—Uber telah memilih mantan bos Expedia, Dara Khosrowshahi untuk menjadi chief executive officer (CEO) mereka. Keputusan ini mengakhiri spekulasi berbulan-bulan terkait siapa yang akan menjadi CEO baru mereka.

Keputusan ini menurut seorang sumber, tulis BBC, dibuat dewan perusahaan Uber, Minggu (27/8). Tapi perusahaan belum membuat pengumuman resmi. Dara akan menggantikan Travis Kalanick. Travis mengundurkan diri pada Juni 2017 setelah ditekan oleh para pemegang saham.

Uber sendiri berjuang untuk memperbaiki image mereka setelah serangkaian skandal. Beberapa nama besar termasuk bos Hewlett Packard (HP) Meg Whitman dan kepala General Electric Jeff Immelt sempat dikabarkan akan menjadi CEO Uber. Akhir minggu kemarin terungkap Jeff mundur dari pencalonan. Sementara ada pemberitaan Meg tidak tertarik menjadi CEO Uber.

Travis mengundurkan diri sebagai CEO Uber setelah memperoleh tekanan dari para pemegang saham. Beberapa bulan sebelumnya perusahaan itu dilanda krisis setelah muncul pemberitaan terkait maraknya pelecehan seksual di dalam perusahaan. Uber dituduh memiliki budaya kerja yang mendorong tumbuhnya pelecehan seksual terhadap para pegawai wanita. Di tengah skandal ini, beberapa pejabat senior Uber memutuskan mundur.

Dewan perusahaan Uber melakukan pertemuan dan memilih CEO baru akhir minggu kemarin. Seorang juru bicara menolak berkomentar terkait hal ini. Sementara Dara sendiri juga tidak bersedia berkomentar.  Dara menjadi CEO firma travel online Expedia sejak 2005. Jika pria ini bersedia menjadi CEO Uber maka dia memiliki tugas berat memperbaiki image perusahaan, memperbaiki hubungan dengan para investor dan menciptakan bisnis yang menguntungkan. Apalagi selama beberapa tahun ini Uber mengalami kerugian.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge