0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ribuan Napi Asal DKI akan Disebar di 44 Lapas di Jateng

Rutan Kelas 1 A Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Ribuan narapidana (Napi) asal DKI Jakarta rencananya akan disebar ke seluruh Rumah Tahanan Negara (Rutan) atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kawasan Jawa Tengah. Pasalnya, Lapas di Kawasan Ibukota seperti Salemba, Cipinang dan Pondok Bambu sudah melebihi overload akut.

“Ada 3000-an Napi yang bakal kita sebar di sebanyak 44 Rutan/ Lapas di Kawasan Jawa Tengah,” terang Sekjen Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto, di Solo, baru-baru ini.

Menurut Bambang Rantam, rata-rata Lapas Ibukota Jakarta mengalami overload mencapai 100 persen hingga 200 persen. Sedangkan, di Jawa Tengah baru mencapai kepadatan sebanyak 28 persen. Artinya, kepadatan Lapas di Kawasan Jawa Tengah akan ditingkatkan lagi hingga 50 persen.

“Tujuan pemindahan ini untuk mengurangi kepadatan di Lapas DKI,” ungkapnya.

Disinggung terkait pelaksanaan rencana tersebut, Bambang mengaku, saat ini sudah dalam proses pengajuan surat kesanggupan dari Lapas di Jawa Tengah ke Menteri Hukum dan HAM. Jika proses tersebut telah dilalui, maka 3000 napi dari DKI akan disebar merata dengan pengiriman menggunakan kereta api.

Sedangkan, terkait pengawasan terhadap para napi, Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah Ibnu Chuldun, untuk wilayah Jateng akan menambah petugas atau sipir sekitar 700 pegawai yang nantinya akan disebar ke 44 Lapas.

“Nanti kita tambahkan lagi personel agar penambahan Napi sebanding dengan petugas yang menjaganya,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge