0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hindari Pemilih Palsu, Undangan Pilkades Pakai Barcode

Pilkades di Tangerang (merdeka.com)

Timlo.net — Sebanyak 16 desa di Kabupaten Tangerang menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Minggu (27/8). Ada hal menarik dalam pelaksanaan Pilkades. Empat dari 16 Desa di 13 Kecamatan menerapkan sistem digital pada surat undangan peserta pemilih terdaftar.

Ini untuk memudahkan petugas dan pemilik hak suara untuk melakukan pencoblosan di TPS yang telah ditentukan. Sekaligus menghindari kecurangan dari oknum nakal yang ingin menggelembungkan suara.

Sekretaris Panita Pilkades Desa Sampora Syamsul Hadi menuturkan, aplikasi digital ini memudahkan panitia memberikan hak pada pemilih terdaftar. Cara ini juga mempercepat sistem rekapitulasi pelaporan mulai dari proses pemungutan dan perhitungan suara.

“Panitia jadi lebih mudah untuk menentukan apakah surat undangan yang dibawa pemilih itu benar atau palsu. Proses ini juga secara otomatis atau real time bisa melihat jumlah partisipasi pemilih sesuai yang terdaftar di DPT,” kata Pria yang sehari-hari bekerja sebagai Guru TU di Madrasah Tsanawiyah itu.

Sistem digital yang dimaksud adalah memberikan barcode pada kertas undangan pemilih. Barcode dalam kertas itu discan saat warga hendak mencoblos. Jika barcode pada surat undangan pemilih tak terdeteksi, dipastikan surat undangan itu palsu.

“Yang bersangkutan bisa diproses hukum sesuai ketentuan berlaku. Jika ternyata bawa surat undangan palsu,” ucap dia.

Dikonfirmasi, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemerintah Desa, Kabupaten Tangerang, Tisna Hambali menyebutkan, pihaknya sebenarnya ingin menerapkan sistem digital ini pada 16 Desa yang menggelar Pilkades.

Namun, sejumlah Desa di Kabupaten Tangerang masih terkendala infrastruktur jaringan komputer. Sehingga baru bisa diikuti oleh 4 Desa yakni Sampora, Pasir Barat, Cikasungka dan Ranca Iyuh.

“Enaknya memang pakai barcode, ini lebih mudah terdata. Tapi karena beberapa keterbatasan ini belum bisa dilakukan oleh 16 Desa peserta Pilkades,” ucap Trisna.

[noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge