0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Warga Jambean Keluhkan Hujan Debu

Truk dump proyek galian C (timlo.net/raymond)

Sragen – Warga Dukuh Gamping, Desa Jambean, Kecamatan Sambirejo, Sragen mengeluhkan pencemaran udara akibat hujan debu yang timbul dari proyek galian C Gunung Tugel. Selain jalan rusak parah, debu yang ditimbul dari truk dump sangat mengganggu lingkungan.

“Semenjak ada tambang batu di Gunung Tugel, jalan menjadi rusak parah, menimbulkan debu yang sangat menggangu lingkungan warga di sini,“ kata Paryono (55), warga setempat, Minggu (27/8).

Dia menuturkan, kondisi hujan debu itu sudah berlangsung selama tiga tahun terakhir ini. Dampak ini terutama dirasakan bagi warga yang tinggal di pinggir Jalan Gondang – Jambean sepanjang 20 kilometer.

Paryono mengungkapkan, warga yang di pinggir jalan tersebut setiap hari dilewati kurang lebih 100 truk dump. Selama ini pula mereka nyaris tidak pernah menikmati bernapas dengan udara segar .

Paryono mengatakan, sejak adanya hujan debu di kampungnya tersebut anggota keluarganya mulai diserang berbagai penyakit pernapasan. Bahkan cucunya yang berusia empat tahun, sudah lama terserang batuk-batuk tidak kunjung sembuh.

“Sudah diperiksakan ke dokter, tapi batuknya belum sembuh juga,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge