0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Air Waduk Ketro Menyusut, Ratusan Warga Berburu Ikan

Warga mencari ikan di Waduk Ketro, Kecamatan Tanon (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Tidak seperti biasanya, Waduk Ketro yang berada di Desa Ketro, Kecamatan Tanon, Sragen dipenuhi ratusan warga setempat. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua berbaur turun di bawah waduk untuk saling memperebutkan ikan.

Mereka memanfaatkan musim kemarau mencari ikan di Waduk Ketro yang volume airnya tinggal sedikit. Berbagai jenis ikan mulai patin, mujair, nila, gabus, wader dan udang banyak ditemui di waduk tersebut.

“Iya mas ini baru momennya panen ikan di waduk sini. Pasalnya ini baru musim kemarau air surut sehinga ikan mudah ditangkap,” kata Pangat (52), warga Dukuh  Tegalsari RT 10, Desa Ketro, Kecamatan Tanon, Minggu (27/8).

Waduk Ketro mulai surut airnya sejak 15 hari terakhir. Air waduk dialirkan ke sawah-sawah petani di wilayah Tanon saat musim kemarau seperti sekarang ini.

Warga lainnya, Gunarno (40), warga Dukuh Canden RT 04, Desa Ketro, Kecamatan Tanon menyampaikan, dirinya bersama keluarganya sehari – hari saat musim air waduk surut berburu ikan.

“Biasanya saya dapat ikan nila, mujair dan patin. Sehari saya bisa mendapatkan ikan sampai 20 kilogram,“ tuturnya.

Dari informasi yang diperoleh, Waduk Ketro tersebut selama dua tahun memang tidak mengalami surut dan kering. Pasalnya selama kurun waktu tersebut mengalami kemarau basah, di mana hujan masih sering turun sehingga waduk bisa menampung air yang cukup besar.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge