0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemarau, Volume Waduk Delingan Cepat Susut

Waduk Delingan (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Tinggi muka air (TMA) Waduk Tirtomarto Delingan, Karanganyar Kota menurun drastis akibat kemarau dan suplainya pertanian. Diperkirakan, TMA mencapai level kritis pada dua bulan ke depan.

“Sekarang tinggal 2,4 juta meter kubik dari kapasitas penuh 4,2 juta meterkubik. Kalau berkurang 37,152 liter per detik maka akan mencapai TMA paling bawah dalam dua bulan ke depan. TMA kritis itu, waduk bervolume 16.850 meter kubik,” kata Petugas O&P Waduk Tirtomarto Delingan dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS), Ganjar Janadi, Minggu (27/8).

Saat volume turun ke level tinggi mata air minimal, Waduk Delingan tidak dapat diandalkan menyuplai pengeluaran air setelah masa tanam ketiga (MT III) Juni-September 2017. Penting diketahui, Waduk Delingan menyalurkan air ke tiga daerah irigasi (DI) yaitu Jetu, Jirak, Gedong dan ke PG Tasikmadu.

“Semua telah dirancang di Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) di tiga DI untuk kebutuhan air padi, palawija dan tebu. Ditambah kebutuhan PG Tasikmadu pada musim giling 150 liter per detik,” katanya.

Kebutuhan di Jetu untuk pertanian di 171 hektare, Jirak 171 hektare dan Gedong 45 hektare. Ia berharap hujan turun sebelum air Waduk Delingan benar-benar kering beberapa bulan mendatang. Merunut tahun-tahun sebelumnya, waduk mulai terisi sebelum tinggi mata air turun ke level kritis.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge