0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cyber Patroli, Ribuan Situs Hoax Diblokir

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Sedikitnya 6.000 situs atau akun penyebar ujaran kebencian dan berita Hoax diblokir pemerintah. Pemblokiran dilakukan dalam kurun waktu Januari hingga Juli tahun ini.

“Kalau dilihat grafisnya, penyebaran ujaran kebencian, fitnah dan Hoax paling tinggi pada Januari kemarin,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Samuel Abrijani Pangerapan di sebuah acara di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (26/8).

Kata Samuel, pada Februari hingga April konten negatif itu menurun. Tetapi pada Mei konten itu meningkat kembali.

“Meningkat atau menyusutnya penyebaran konten tersebut tergantung dari isu yang tengah berkembang di masyarakat,” katanya.

Sejauh ini, lanjutnya, pemblokiran akses oleh pemerintah paling banyak dilakukan kepada situs-situs yang memuat konten pornografi.

“Pemblokiran tersebut dilakukan setelah ada laporan dari masyarakat. Setelah itu kami konsultasikan untuk kemudian kami lakukan cyber patroli,” katanya.

Meskipun sudah hampir ribuan akun yang diblokir, masih banyak masyarakat yang cenderung lebih menghargai konten-konten negatif dari pada sebaliknya. Pengguna, tambahnya, kerap menyukai dan membagikan informasi bermuatan negatif tersebut.

“Harapanya makin banyak orang mengexpresikan dirinya secara bijak bahwa waktu kita berekspresi ada hak orang lain juga yang kita harus hargai juga dan makin banyak orang memproduksi konten konten positif di sosmed,” jelas dia.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge