0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buka Rembug Nasional, Wiranto Bicara Soal Kedisiplinan

(foto: Heru Murdhani)

Solo – Kedisiplinan merupakan kunci dalam mengejar ketertinggalan Indonesia dari negara-negara lain dalam persaingan global. Hal ini adalah buah pikiran dari Menko Polhukam Wiranto, yang dikatakan saat membuka rembug nasional dengan tema, Membangun Kesadaran dan Perilaku Masyarakat untuk Menjadi Agen Perubahan Dalam Mewujudkan Indonesia Tertib serta Patuh Hukum, di Solo Paragon Hotel, Sabtu (26/8).

“Kalau bapak-ibu masih ingat, dulu pernah ada Gerakan Disiplin Nasional. Kedisiplinan ini adalah faktor penting dalam mengejar ketertinggalan,” kata dia.

Dikatakan dalam forum yang dihadiri ratusan orang tersebut, revolusi mental yang digaungkan Presiden Jokowi bukanlah merupakan peristiwa seremonial, melainkan penekanannya pada perubahan sikap dan mental dari para pelakunya.

Perubahan sikap ini diyakini menjadi kunci bahwa Indonesia bisa mengejar ketertinggalan dari dunia. Dia mengatakan bahwa tataran global Indonesia secara prinsip bebas aktif yakni bisa bekerjasama dengan negara-negara lain.

Tetapi secara substansial, Indonesia juga berkompetisi dengan negara lain.

“Pertanyaannya adalah bagaimana sumberdaya manusia Indonesia dalam menghadapi persaingan tersebut. Jumlah penduduk dunia semakin bertambah, sedangkan pemenuhan kebutuhan semakin menurun,” kata Menteri asal Solo ini.

Selain tingkat kedisiplinan yang tergolong masih rendah, dirinya juga menyoroti bekal lain dalam persaingan global. Yakni mental, kecerdasan, inisiatif, dan spiritual.

Secara gamblang dirinya meminta kepada peserta yang hadir untuk bisa menjadi agen perubahan dalam berdisiplin.

“Orang itu kalau disiplin, disini ini malah dianggap aneh. Karena sudah terbiasa untuk tidak berdisiplin. Pola-pola seperti itu harus dirubah, dan anda semua adalah agen dari perubahan tersebut,” tegasnya.

Seusai memberikan sambutan Wiranto yang sempat melayani swafoto dari peserta rembug nasional enggan melayani wawancara dengan wartawan.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge