0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kopi Termahal di Dunia, Secangkir Seharga Rp 584 Ribu

Sesi cupping kopi Esmeralda Geisha Canas Verdes Natural. (dok: timlo.net/ mirror.co.uk )

Timlo.net—Ahli kopi Jason Kew membeli kopi termahal di dunia. Biji kopi ini dijual Rp 636 juta per 45 kg. Kopi itu adalah Esmeralda Geisha Canas Verdes Natural dari negara di Amerika Tengah, Panama. Jason berhasil membeli biji kopi itu setelah memenangkan proses lelang yang sengit. Harga kopi itu per 453 gram adalah Rp 6,3 juta. Harga ini mengalahkan harga sebelumnya sekitar Rp 371 ribu.

Dia membeli 45 kg seharga Rp 636 juta setelah mengalahkan ahli lain dari Jepang dengan selisih beberapa puluh sen. Sekarang Jason memungut biaya Rp 584 ribu per orang untuk mengikuti sesi uji rasa di Manly Vale, Sydney, Australia. Setiap orang bisa mengicipi 15 gram kopi Esmeralda Geisha untuk diseduh.

Jason beranggapan jika harga ini pantas. “Saya sudah mencoba banyak kopi berkualitas tertinggi dan tidak ada yang menyamainya. Beberapa orang akan menghabiskan uang sebesar itu untuk minuman anggur yang berkualitas atau bahkan untuk parkir di dalam kota. Persepsi masyarakat tidaklah seperti itu untuk kopi premium. Tapi ini adalah kesempatan sekali seumur hidup. Saya membelinya karena saya tahu saya tidak akan bisa merasakan lagi secangkir kopi sekaliber ini,” terangnya dilansir oleh Mirror.co.uk.

Setelah membeli 45 kg, Jason menjual 18,1 kg kopi mahal ini kepada saingannya yang menawar kopi itu. Dia berkata rahasia di balik kopi ini adalah kompleksitas rasa, yang tebal dan asam tapi dengan cita rasa buah tropis. Mereka yang membayar untuk mencoba rasa kopi ini akan disambut barista ahli. Para ahli ini akan menyeduh kopi sesuai selera pencoba. Mereka juga dibebaskan menyeduh sendiri dengan cara mereka di sebuah area dengan peralatan yang tersedia. Atau jika mereka mau, mereka bisa menyeduh dengan peralatan mereka sendiri yang mereka bawa.

Jason berkata budaya kopi bertumbuh dengan pesat di Australia. Dia percaya negara itu akan dilihat sebagai penghasil kopi ternama di masa mendatang. Dia menambahkan, “Australia membentuk budaya kopi spesial di dunia. Kami memimpin, akan ada lebih banyak lagi kopi berkualitas yang muncul.”

Walaupun harganya yang mahal, para ahli terlihat membanjiri event itu untuk mencicipi kopi Esmeralda Geisha Canas Verdes Natural. Penikmat kopi dari pantai utara Tony Macri berkata, “Saya merasa terhormat berada di sini. Kopi itu memiliki rasa yang sangat bersih dan memiliki rasa buah yang lembut. Acara ini adalah waktu yang sangat spesial untuk kopi specialty.”

Chanho Hong, dari Sydney CBD berkata: “Kopi itu luar biasa. Kopi ini memiliki rasa yang kompleks dan creamy. Saya tidak pernah merasakan kopi dengan kualitas seperti ini sebelumnya.”

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge